• SMAN PILANGKENCENG
  • SEKOLAH UNIK BERPRESTASI - Terus Berusaha Menjadi Sekolah Kepercayaan Masyarakat

Reflesi Dwi Mingguan CGP Angkatan 9 Modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik

Saya Anis Hidayatun Nisa, dari SMAN Pilangkenceng Madiun, CGP Angkatan 9 tahun 2023  Saya akan menulis tentang hasil refleksi modul 2.3 yaitu  "Coaching untuk Supervisi Akademik" Saya akan merefleksikan modul ini dengan menggunakan modul refleksi 4F/4P. Kegiatan refleksi ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan penerpan saya dari modul 2.3 ini.

 

  1. Facts/Peristiwa

Kegiatan Modul 2.3 diawali belajar mandiri materi yang ada di LMS . Pembelajaran ini dimulai dengan alur  mulai dari diri dengan menjawab lima pertanyaan reflektif mengenai kegiatan observasi atau supervisi yang pernah dilaksanakan. Kemudian, saya menjawab dua pertanyaan mengenai harapan saya tentang modul 2.3 ini. Tahapan selanjutnya yaitu kegiatan eksplorasi konsep. Tahapan eksplorasi konsep ini, merupakan tahapan dimana saya mengeksplor sendiri materi-materi mengenai coaching. Ada empat bagian pada eksplorasi konsep ini, dimana disetiap bagiannya terdapat beberapa kotak serta beberapa video yang saya pelajari yaitu :

  • Konsep Coaching secara Umum dan Konsep Coaching dalam Konteks Pendidikan
  • Paradigma Berpikir dan Prinsip Coaching
  • Kompetensi Inti Coaching dan TIRTA sebagai Alur Percakapan Coaching
  • Supervisi Akademik dengan Paradigma Berpikir Coaching

      

Eksplorasi Konsp 2.3

Pada bagian terakhir eksplorasi konsep, kita saling berdiskusi dengan teman CGP secara asynchronous di LMS. Selanjutnya kita bergabung di ruang kolaborasi secara online bersama fasilitator Ibu Usthuanah. saya mendapatkan pemahaman mengenai coaching ini, kita dibagi menjadi kelompok yang terdiri dari 2 orang CGP dan melakukan  latihan coaching, selanjutnya saya bersama rekan CGP saya melakukan simulasi coaching secara bergantian melalui zoom. Tahapan selanjutnya adalah ruang kolaborasi praktek saya Bersama rekan CGP yang sudah ditentukan oleh fasilitator melakukan praktek Coaching dimana hasil praktek coaching ini  di unggah sebagai hasil dari tugas ruang kolaborasi praktek sesi 2. Setelah kegiatan ruang kolaborasi, saya memasuki tahapan demonstrasi kontekstual. Pada tahapan ini, saya bersama 3 rekan CGP lainnya melakukan simulasi coaching secara tatap muka langsung. 

Pada kegiatan ini, saya bersama rekan saya bergantian peran menjadi coach, coachee, dan observer. Kegiatan simulasi ini dilaksanakan melalui tatap muka langsung dan direkam untuk kemudian rekamannya diunggah di youtube dan link youtube diunggah di LMS  sebagai tugas demonstrasi konstektual. Kegiatan selanjutnya yaitu elaborasi pemahaman bersama instruktur Ibu Muara. Pada kegiatan ini saya mendapatkan banyak pengetahuan, pemahaman mengenai coaching. Selanjutnya tahap koneksi antar materi. Pada kegiatan ini saya membuat koneksi materi mengenai modul yang dipelajari dengan pengalaman serta materi lainnya. Tahapan terakhir adalah aksi nyata. Kegiatan aksi nyata rencananya saya akan melaksanakan kegiatan coaching bersama salah satu rekan guru di sekolah.

 

  1. Feelings/Perasaan

 

Perasaan saya ketika mempelajari Modul 2.3 adalah senang, optimis, tertantang dan termotivasi untuk melakukan coaching ini untuk mengembangkan kompetensi dalam pembelajaran. Coaching dapat digunakan untuk  mencari solusi bersama dalam berbagai permasalahan yang dihadapi dalam berbagai hal. Selain itu Coaching juga sebagai  sarana untuk  berefleksi, dan untuk kalibrasi. Saya merasa senang karena mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang baru mengenai coaching. Saya juga merasa senang karena bisa melakukan simulasi coaching bersama rekan CGP lainnya. Saya merasa optimis karena saya yakin bisa mengaplikasikan pengetahuan saya mengenai coaching ini dalam peran saya sebagai pemimpin pembelajaran. Saya merasa tertantang dalam mempelajari materi coacing serta dalam mengaplikasikan coaching ini

 

Findings/Pembelajaran

Banyak hal yang saya  dapatkan pada modul ini mengenai supervisi akademik yang dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan coaching. Pada pelaksanaan coaching ini harus didasarkan prinsip dan kompetensi coaching. Coaching juga bisa dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran kepada murid untuk menggali potensi yang dimiliki oleh murid.

Coaching didefinisikan sebagai sebuah proses kolaborasi yang berfokus pada solusi, berorientasi pada hasil dan sistematis, dimana coach memfasilitasi peningkatan atas performa kerja, pengalaman hidup, pembelajaran diri, dan pertumbuhan pribadi dari coachee (Grant, 1999). Coaching lebih kepada membantu seseorang untuk belajar daripada mengajarinya. Sejalan dengan pendapat para ahli tersebut, International Coach Federation mendefinisikan coaching sebagai"bentuk kemitraan bersama klien (coachee) untuk memaksimalkan potensi pribadi dan profesional yang dimilikinya melalui proses yang menstimulasi dan mengeksplorasi pemikiran dan proses kreatif." Berbagai tugas dalam Sub Pembelajaran memberikan pengalaman yang berharga bagi saya dalam memahami coaching.

 

Paradigma berpikir coaching terdiri dari fokus pada coachee/rekan yang akan dikembangkan, bersikap terbuka dan ingin tahu, memiliki kesadaran diri yang kuat, mampu melihat peluang baru dan masa depan. Prinsip coaching yaitu "kemitraan, proses kreatif, dan memaksimalkan potensi". Kompetensi Inti Coaching meliputi kehadiran penuh/Presence, mendengarkan aktif, mengajukan pertanyaan berbobot. Percakapan Berbasis Coaching dengan Alur TIRTA : Percakapan untuk perencanaan, Percakapan untuk pemecahan masalah, Percakapan untuk berefleksi, Percakapan untuk kalibrasi.

 

  1. Future/Penerapan

Setelah mempelajari modul 2.3. saya akan mempraktikannya terhadap teman sejawat dengan menggunakan tiga kompetensi inti coaching yaitu kehadiran penuh ( presence), mendengarkan aktif, dan mengajukan pertanyaan berbobot dalam percakapan coaching. Membuat rencana, melakukan refleksi, memecahkan masalah, dan melakukan kalibrasi. Memberikan umpan balik dengan paradigma berpikir dan prinsip coaching. Mempraktikkan rangkaian supervisi akademik yang berdasarkan paradigma berpikir coaching.

 

Modul 2.3 tentang Coaching untuk Supervisi Akademik ini membuat saya bersemangat untuk terus melakukan perubahan ke arah perbaikan dan peningkatan kompetensi diri saya. Saya telah merancang tindakan aksi nyata untuk menerapkan praktik Coaching yang didasari oleh keinginan untuk melakukan praktik baik di lingkungan sekolah. Harapan saya dengan penerapan praktik Coaching di lingkungan sekolah bersama rekan sejawat dapat mewujudkan pribadi yang mandiri dan dapat membantu murid untuk menuntun segala kekuatan kodratnya yang ada pada dirinya. Dengan praktik Coaching juga membantu murid untuk mampu hidup sebagai individu dan bagian masyarakat yang mampu menggali dan memaksimalkan segala potensi yang dimilikinya untuk menyelesaikan masalahnya sendiri, serta menuntun murid untuk memperoleh kemerdekaan belajar di sekolah.

Demikianlah Jurnal Dwi Mingguan saya terkait modul 2.3 tentang Coaching untuk Supervise Akademik.

 

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PRESTASI: SISWA SISWI SMAPI MERAIH JUARA DALAM KEJUARAAN PENCAK SILAT BUPATI CUP MADIUN 2025

Alhamdulilah beberapa siswa siswi SMAN Pilangkenceng meraih juara dalam kejuaraan pencak silat bupati cup yang diselenghgarakan pada tanggal 18 s/d 23 Mei 2025. berikut nama anak yang m

25/05/2025 11:13 - Oleh Sofyan Ariefullah - Dilihat 30 kali
PRESTASI: SISWA SMAN PILANGKENCENG MERAIH JUARA DALAM KEJURNAS PENCAK SILAT UNS OPEN 1 TAHUN 2025

Alahmadulillah beberapa siswa SMAN Pilangkenceng berhasil meraih juara dalam perhelatan Kejuaraan Pencak Silat tingkat nasional "Universitas Sebelas Maret Open 1" yang diadakan pada tan

19/05/2025 22:40 - Oleh Sofyan Ariefullah - Dilihat 42 kali
PRESTASI: TIM BOLA VOLI PUTRI SMAN PILANGKENCENG MERAIH JUARA 4 DALAM TURNAMEN VOLI SMASA NGAWI CUP 2025

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan rahmat prestasi kepada SMAN Pilangkenceng. Pada even smasa ngawi cup yang diadakan di akhir bulan April kemarin tim bola

19/05/2025 22:31 - Oleh Sofyan Ariefullah - Dilihat 46 kali
KEGIATAN: SISWA SISWI SMAN PILANGKENCENG MEMBUKA STAN DI EDU EXPO KABUPATEN MADIUN

Kegiatan edu expo merupakan wacana tahunan yang diadakan oleh pemerintah kabupaten Madiun. Kegiatan ini diadakan untuk memperingati bulan pendidikan yang jatuh pada bulan Mei. Edu expo

19/05/2025 22:17 - Oleh Sofyan Ariefullah - Dilihat 36 kali
PRESTASI: SISWI SMAN PILANGKENCENG MERAIH JUARA LOMBA ESSAY NASIONAL - FORMAD UNESA

Alhamdulillah pada hari Sabtu, 1 Maret kemarin salah seorang siswi SMAN Pilangkenceng atas nama Karisa Putri Suyitno kelas XII A meraih juara 2 dalam lomba penulisan essay tingkat Nasio

03/03/2025 05:20 - Oleh Sofyan Ariefullah - Dilihat 240 kali
KEGIATAN SMAPI FUN DAY MENYAMBUT RAMADHAN DIHADIRI WAKIL BUPATI MADIUN DAN SELURUH CAMAT SE-KABUPATEN MADIUN

Pada hari kamis, 26 Februari kemarin SMAN Pilangkenceng mengadkan sebuah kegiatan seru untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan 1446 H. Kegiatan ini diberi nama "SMAPI FUN DAY" yang me

03/03/2025 05:04 - Oleh Sofyan Ariefullah - Dilihat 129 kali
KUNJUNGAN STUDI TIRU PROGRAM SEKOLAH SMAN KEDUNGGALAR KE SMAN PILANGKENCENG

Pada hari Jum'at 21 Februari 2025, SMAN Pilangkenceng mendapatkan kunjungan dari SMAN Kedunggalar Ngawi dalam rangka studi tiru program sekolah. Kegiatan studi tiru SMAN Kedunggalar

24/02/2025 05:35 - Oleh Sofyan Ariefullah - Dilihat 170 kali
PRESTASI: SISWA SISWI SMAN PILANGKENCENG MERAIH JUARA DALAM EVEN KOTA MADIUN MARTIAL ARTS CHAMPIONSHIP 1

Pada tanggal 14 s/d 16 Februari 2025, beberapa siswa siswi SMAN Pilangkenceng mengikuti gelaran even beladiri pencak silat bertajuk "Kota Madiun Martial Arts Championship 1" yang disele

17/02/2025 20:42 - Oleh Sofyan Ariefullah - Dilihat 187 kali
SISWA SISWI SMAN PILANGKENCENG MENGIKUTI PELANTIKAN PRAMUKA GARUDA KABUPATEN MADIUN

Sabtu 1 Februari 2025, Sejumlah 5 siswi SMAN Pilangkenceng mengikuti prosesi pelantikan pramuka garuda di pendopo kabupaten Madiun. Pramuka Garuda ialah tingkatan tertinggi dalam

10/02/2025 09:54 - Oleh Sofyan Ariefullah - Dilihat 241 kali
PRESTASI: TIM BOLA VOLI PUTRI SMAN PILANGKENCENG JUARA 3 TINGKAT KARESIDENAN

Alhamdulillah tim bola voli putri SMAN Pilangkenceng berhasil meraih juara 3 pada kejuaraan bola voli tingkat karesidenan yang diselenggarakan oleh IAIN Ponorogo. Semoga kedepannya tim

05/02/2025 12:22 - Oleh Sofyan Ariefullah - Dilihat 160 kali